Beranda » Blog » Tidak Sembarangan! Inilah Jenis Tempat Sampah Medis yang Perlu Anda Ketahui

Tidak Sembarangan! Inilah Jenis Tempat Sampah Medis yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada 27 November 2022 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 273 kali / Kategori:

Anda sedang mencari informasi mengenai jenis tempat sampah medis? Simak artikel ini sampai selesai, karena kami akan memberikan informasi mengenai jenis tempat sampah medis secara lengkap untuk Anda.

Apa Itu Sampah Medis?

Sampah medis merupakan sampah yang berasal dari kegiatan medis. Limbah medis sendiri memiliki kategori masing-masing berdasarkan potensi yang terkandung didalamnya. Diantara sampah medis tersebut antara lain sampah benda tajam, sampah infeksius, sampah jaringan tubuh (patologis), sampah sitotoksik, sampah kimia, sampah farmasi, dan sampah radioaktif.

Dalam pembuangannya, sampah atau limbah medis tidak bisa sembarangan dibuang pada tempat sampah fiber berwarna hijau yang sering kita temui di rumah sakit maupun pada tempat sampah stainless. Hal ini tentu saja karena sampah medis memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi yang memiliki kemungkinan dapat menularkan berbagai penyakit pada orang lain.

Maka dari itu, sampah medis perlu dipisahkan sesuai dengan kategori sampahnya. Jenis tempat sampah medis biasanya dibedakan berdasarkan warna. Adapun tujuan pemisahan fungsi kantong sampah berdasarkan warna tentunya adalah untuk memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. 

Selain itu, pemilahan sampah juga dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada petugas pengambilan sampah agar tidak sembarangan dalam mengelola atau melakukan prosedur pengolahan sampah. Sehingga hal tersebut tidak akan membahayakan dirinya.

Jenis tempat sampah medis, Sumber: trihazsolutions.com

Jenis tempat sampah medis, Sumber: trihazsolutions.com

Jenis-Jenis Tempat Sampah Medis

Tempat sampah medis merupakan jenis tempat sampah yang diperuntukkan bagi limbah atau sampah yang berasal dari aktivitas medis. Dalam aplikasinya, jenis tempat sampah medis dibedakan menjadi beberapa warna.

Warna tempat sampah medis tersebut digunakan untuk membedakan sampah medis sesuai dengan jenisnya. Di bawah ini adalah jenis-jenis tempat sampah medis berdasarkan warna dan fungsinya, yakni sebagai berikut: 

1. Tempat Sampah Medis Kuning

Jenis tempat sampah yang pertama yaitu kantong sampah dengan warna kuning. Kantong sampah medis dengan warna kuning biasanya diperuntukkan untuk sampah infeksius dan patologis (jaringan tubuh). Sampah patologis atau sampah jaringan tubuh adalah jenis sampah yang meliputi organ, anggota tubuh, plasenta, darah, dan cairan tubuh lainnya.

Sedangkan sampah infeksius sendiri merupakan sampah yang berkaitan langsung dengan pasien dengan penyakit menular. Limbah medis yang satu ini menjadi salah satu limbah yang paling perlu diperhatikan karena karena dapat menjadi penyebab utama tertularnya penyakit untuk sekitarnya.

Maka dari itu, limbah medis satu ini perlu dipisahkan. Jenis tempat sampah yang digunakan untuk kedua limbah medis ini biasanya adalah kontainer plastik kuat dan anti bocor berwarna kuning dan tentu saja dilengkapi dengan simbol pada permukaan kantongnya.

2. Jenis Tempat Sampah Medis Berwarna Coklat

Apabila Anda pernah melihat tempat sampah medis dengan warna coklat, maka kantong sampah tersebut diperuntukkan untuk limbah medis kimia dan farmasi. Limbah kimia merupakan limbah yang dihasilkan dari penggunaan bahan kimia dalam tindakan medis, laboratorium, sterilisasi, dan riset.

Sedangkan sampah farmasi adalah sampah yang berasal dari obat-obatan kadaluarsa, obat-obatan yang terbuang karena tidak sesuai dengan spesifikasi, obat-obatan yang dikembalikan pasien, hingga limbah yang dihasilkan selama proses produksi obat-obatan. Biasanya tempat sampah tersebut berupa kantong plastik maupun kontainer.

Tempat sampah khusus medis, Sumber: jatengprov.go.id

Tempat sampah khusus medis, Sumber: jatengprov.go.id

3. Kantong Sampah Medis Berwarna Ungu

Kantong sampah dengan warna ungu diperuntukkan bagi limbah sitotoksik. Kantong sampah jenis ini dimanfaatkan untuk limbah yang berasal dari bahan yang terkontaminasi dengan obat sitotoksik selama peracikan, pengangkatan, atau tindakan kemoterapi pada pasien. 

Limbah sitotoksik harus dimasukkan kedalam kantong sampah berwarna ungu yang akan dibuang setiap hari atau setelah kantong sampah tersebut terisi penuh. Jenis kantong untuk limbah sitotoksik memiliki kriteria yang sama dengan jenis kantong sampah untuk infeksius dan patologis.

Yaitu berupa kontainer plastik kuat yang anti bocor dan dilengkapi dengan simbol pada kantong sampahnya.

4. Kantong Sampah Medis Merah

Jenis tempat sampah yang satu ini digunakan untuk sampah radioaktif. Sampah radioaktif merupakan sampah yang terkontaminasi dengan radio isotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset radionuklida. Limbah ini berasal dari kedokteran nuklir, radio immuno assay dan bakteriologis yang berbentuk padat, cair, atau gas.

Pada umumnya kantong sampah ini menggunakan wadah dari plastik atau kontainer berwarna merah. Namun apabila larutan mengandung pelarut organik maka harus menggunakan wadah dari stainless steel dan dapat dilengkapi dengan simbol radioaktif agar tidak tertukar.

5. Safety Box

Jenis tempat sampah medis yang terakhir adalah safety box. Safety box ini diperuntukkan bagi sampah benda tajam. Limbah benda tajam merupakan alat yang memiliki sudut dan sisi tajam yang mampu memotong atau menusuk kulit.

Sebut saja seperti jarum suntik, pipet pasteur, hingga pisau bedah. Jenis limbah ini perlu dimasukkan ke dalam tempat sampah yang berbeda karena semua sampah tajam ini memiliki potensi bahaya dan dapat menyebabkan cedera melalui sobekan atau tusukan.

Di samping itu, sampah tajam tersebut sudah terkontaminasi oleh darah atau bagian tubuh pasien yang apabila terkena bisa saja menimbulkan infeksi dan dapat menjadi penyebab penularan penyakit. Maka dari itu, sampah benda tajam tidak bisa dibuang sembarangan pada tempat sampah stainless 3 in 1, namun perlu dibuang di safety box yang sudah tersedia.

Safety box, Sumber: alkes-marinno.com

Safety box, Sumber: alkes-marinno.com

Itulah beberapa jenis tempat sampah medis yang bermanfaat untuk mengkategorikan berbagai jenis limbah dari kegiatan medis. Dengan begitu, kita dapat mengetahui bahwa sampah medis tidak bisa dibuang sembarangan di tong sampah stainless atau jenis tempat sampah lainnya. Semoga sedikit ulasan tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi Anda.

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Tidak Sembarangan! Inilah Jenis Tempat Sampah Medis yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Tidak Sembarangan! Inilah Jenis Tempat Sampah Medis yang Perlu Anda Ketahui

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira