Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 ,Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Jenis Inovasi Mengelola Sampah Di Indonesia

4 Jenis Inovasi Mengelola Sampah Di Indonesia

Diposting pada 15 Oktober 2019 oleh Rumah Stainless Fiberglass

 

Negara kita memang kita akui masih memiliki masalah dalam hal pengelolaan sampah. Makanya, beberapa kali komunitas atau berbagai kelompok aktifis dan juga pegiat lingkungan membuat sebuah inovasi yang tujuannya adalah untuk dapat mengelola sampah yang ada di Indonesia ini.

Apalagi kini Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menghasilkan plastik. Dan juga Indonesia adalah negara kedua terbanyak setelah China sebagai negara yang banyak membuang sampah plastik kelautan. Tentu hal ini bukan lah  predikat yang membanggakan, dan harus kita rubah sejak dini juga.

  1. Sampah Muda

 

 

Salah satu inovasi pengelolaan sampah yang pernah dibuat adalah namanya Sampah Muda. Prinsip kerjanya pun sebetulnya sangatlah mudah yaitu menghubungkan antara pemilik sampah dengan pendaur ulang.  Sampah muda ini memiliki titik point pembuangan sampah sendiri dan juga mereka menyediakan jasa penjemputan sampah dimana mereka bisa mengambil sampah kerumah – rumah.

  1. Mall Sampah

 

 

Sebetulnya konsep kerjanya tidak jauh berbeda dengan platform diatas. Platform ini didirikan di Makassar sejak tahun 2015. Nantinya Mall Sampah ini akan menangani semua sampah yang dihasilkan oleh rumah, kantor, atau sekolah, untuk kemudian nanti dijual ke pengepul. Selain itu, mall sampah juga menjual banyak barang – barang yang ramah lingkungan.

  1. Angkuts

 

 

 

 

Startup yang Angkuts ini didirikan di Pontianak. Sesuai dengan namanya, bahwa misi mereka adalah mengangkut semua sampah yang ada di masyarakat untuk di bawa ke tangan dan juga ke tempat yangt tepat.

Sumber sampah yang di angkut oleh Platform Angkuts ini juga bervarian mulai dari restoran, hotel, bahkan sampah kos – kosan juga mereka jangkau.

  1. Gringgo

 

 

Startup yang satu ini berdiri yang di Bali pada tahun 2014. Visi mereka sebetulnya sangatlah simpel yaitu dapat menghubungkan masyakat dengan tempat pembuangan sampah yang paling dekat agar nantinya mempermudah proses daur ulang sampah. Gringgo juga sudah memungkinkan masyakat terhubung dengan web dan mobile agar nantinya bisa mempermudah mereka untuk terhubung langsung dengan petugas kebersihan yang paling dekat untuk mengangkut sampah dari rumah mereka.

 

Itu lah beberapa inovasi yang diciptakan demi agar sampah bisa mengalir  ketempat yang memang seharusnya. Ayo, bagaimana inovasi di tempat mu ???

Bagikan informasi tentang 4 Jenis Inovasi Mengelola Sampah Di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

4 Jenis Inovasi Mengelola Sampah Di Indonesia | PRODUSEN TONG DAN TEMPAT SAMPAH HARGA TERBAIK 2018

Belum ada komentar untuk 4 Jenis Inovasi Mengelola Sampah Di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan