Beranda » Blog » Inilah 7 Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Sangat Membantu, Apakah Anda Sudah Tahu?

Inilah 7 Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Sangat Membantu, Apakah Anda Sudah Tahu?

Diposting pada 7 Januari 2023 oleh Seo anak Soleh / Dilihat: 31 kali / Kategori:

Hingga saat ini, sampah masih menjadi salah satu masalah terbesar yang tidak pernah ada ujungnya. Minimnya pengelolaan sampah yang dilakukan, membuat sampah menjadi menumpuk dan mencemari lingkungan. Karena alasan itulah, saat ini banyak aplikasi pengelolaan sampah yang digalakkan untuk membantu mengurangi penumpukan sampah.

Aktivitas memilah sampah rumah tangga memang merupakan kegiatan yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak aplikasi pengelolaan sampah yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola sampah. Bahkan sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan uang atau reward lainnya.

Sebelum menukarkan sampah pada aplikasi, Anda perlu memilahnya terlebih dahulu. Agar lebih mudah dalam memilahnya, Anda bisa memanfaatkan tempat sampah stainless 3 in 1. Dengan tempat sampah tersebut, Anda bisa membuang sampah sesuai jenisnya. Kemudian, barulah sampah tersebut dapat Anda tukarkan melalui aplikasi pengelolaan sampah.

Mengenal berbagai aplikasi pengelolaan sampah yang ada, Sumber: news.unair.ac.id

Mengenal berbagai aplikasi pengelolaan sampah yang ada, Sumber: news.unair.ac.id

Apa Saja Aplikasi Pengelolaan Sampah?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, aplikasi pengelolaan sampah hadir untuk membantu Anda mengelola sampah rumah tangga. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah Anda download di Playstore maupun Appstore. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi untuk mengelola sampah Anda, yakni sebagai berikut:

1. Aplikasi eRecycle

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi milik PT. Multi Inti Digital Lestari yang cukup canggih. Karena aplikasi ini dapat mengidentifikasi berbagai macam sampah plastik dengan memindai barcode pada kemasannya. Anda hanya perlu memilah dan menyortir sampah plastik sesuai dengan jenisnya.

Nantinya akan ada petugas eRecycle yang datang untuk mengangkut sampah plastik tersebut ke fasilitas pengelolaan sampah. Untuk satu kilo sampah plastik akan dihargai mulai dari Rp. 4.000 yang bisa Anda dapatkan secara tunai maupun transfer. Tapi sayangnya, saat ini layanan  eRecycle baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja.

Aplikasi eRecycle, Sumber: erecycle.id

Aplikasi eRecycle, Sumber: erecycle.id

2. Aplikasi Duitin

Duitin merupakan aplikasi untuk memilah, mengumpulkan, dan mengelola sampah yang bisa didaur ulang. Aplikasi Duitin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak bersama melalui proses daur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai demi mewujudkan lingkungan dan kehidupan yang lebih baik.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi menyetorkan sampah kepada pengepul. Karena Duitin Picker akan menjemput sampah ke rumah Anda. Tentunya, Anda akan mendapatkan reward menarik atas pengumpulan sampah yang sudah dilakukan. 

Bahkan Anda juga memiliki kesempatan sebagai Duitin Contributor yang turut andil dalam gerakan menjaga bumi. Saat ini aplikasi Duitin baru dapat dijangkau oleh masyarakat Jakarta, Tangerang Selatan, Blitar, Cirebon, Bogor, dan Semarang.

Aplikasi Duitin, Sumber: duitin.id

Aplikasi Duitin, Sumber: duitin.id

3. Aplikasi Octopus

Aplikasi yang diprakarsai oleh Hamish Daud ini mengajak masyarakat, khususnya anak-anak muda untuk mengumpulkan sampah. Octopus sendiri memiliki misi untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang berharga.

Aplikasi ini memiliki tiga mobile apps untuk pengguna, pelestari (kolektor sampah), dan mitra check point (usaha jual beli kemasan bekas) yang saling bersinergi. Secara singkat, cara kerja dari aplikasi Octopus adalah sampah yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke kolektor sampah, kemudian kolektor sampah akan menjualnya lagi kepada mitra checkpoint.

Nantinya, Anda akan mendapatkan imbalan berupa uang dari sampah yang sudah dikumpulkan. Octopus juga bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Kopi Kenangan hingga Kopi Soe dengan memberikan voucher potongan harga atas sampah yang telah dikumpulkan.

Hal ini bertujuan untuk menarik minat anak muda agar mau mengelola sampah. Saat ini, aplikasi Octopus baru tersedia di wilayah Makassar, Bali, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, serta Cimahi.

Aplikasi Octopus, Sumber: jpnn.com

Aplikasi Octopus, Sumber: jpnn.com

4. Aplikasi Dibuang

Memiliki nama yang unik, ternyata nama aplikasi ini singkatan dari “dibuat jadi uang”. Aplikasi Dibuang adalah sebuah platform yang akan menghubungkan Anda dengan kolektor sampah terdekat. Melalui aplikasi Dibuang, Anda bisa menjual sampah anorganik yang sudah dipilah seperti botol plastik, kardus, kertas, dan lain-lain.

Sampah yang sudah dikumpulkan bisa langsung disetorkan ke lokasi drop-off terdekat atau Anda juga bisa meminta kolektor sampah untuk menjemputnya. Dari hasil transaksi sampah tersebut, Anda akan mendapatkan imbalan berupa uang yang bisa dicairkan. Sayangnya, cakupan aplikasi Dibuang ini baru sebatas wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya saja.

Aplikasi Dibuang, Sumber: dibuang.com

Aplikasi Dibuang, Sumber: dibuang.com

5. Aplikasi Rapel

Aplikasi pengelolaan sampah selanjutnya yaitu Rapel. Rapel merupakan aplikasi untuk menjual sampah anorganik yang sudah dipilah sebelumnya kepada kolektor sampah yang sudah menjadi mitra aplikasi Rapel. Sampah yang Anda jual melalui aplikasi Rapel akan langsung ditukar dengan uang.

Selain mendapatkan uang, Anda juga akan mendapatkan point yang bisa ditukar dengan hadiah menarik. Cara menggunakan aplikasi Rapel juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuat list sampah yang akan dijual, menentukan titik pengambilan dengan kolektor, lalu melakukan negosiasi harga.

Aplikasi sampah yang satu ini baru tersedia di wilayah Yogyakarta dan beberapa kota di Jawa Tengah.

Aplikasi Rapel, Sumber: regional.kompas.com

Aplikasi Rapel, Sumber: regional.kompas.com

6. Aplikasi Mountrash

Mungkin aplikasi yang satu ini masih terdengar asing ditelinga kita. Namun, aplikasi Mountrash dapat membantu Anda untuk mengelola sampah daur ulang dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan informasi mengenai sampah yang akan dijual. 

Nantinya, Anda akan mendapatkan barcode yang harus dikirimkan melalui nomor whatsapp Mountrash untuk penjemputan. Satu hal yang membuat aplikasi ini unik adalah Anda tidak akan mendapatkan uang atas sampah yang sudah Anda tukarkan, tetapi Anda akan mendapatkan imbalan berupa kuota internet.

Sangat menarik dan dibutuhkan oleh anak muda, kan? Sayangnya, aplikasi Mountrash baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja.

Aplikasi Mountrash, Sumber: batiktv.pekalongankota.go.id

Aplikasi Mountrash, Sumber: batiktv.pekalongankota.go.id

7. Aplikasi Kepul

Aplikasi pengelolaan sampah yang terakhir adalah aplikasi Kepul. Kepul hadir sebagai solusi bagi Anda yang memiliki banyak sampah daur ulang di rumah. Uniknya, melalui aplikasi Kepul Anda bisa menjual setidaknya 30 sampah organik dan anorganik.

Jadi tidak hanya sampah plastik saja, aplikasi Kepul juga menerima penukaran sampah kertas, botol kaca, logam, bahkan minyak jelantah sekalipun. Sampah yang Anda jual akan mendapatkan imbalan uang sesuai dengan jenis sampahnya.

Range imbalan uangnya mulai dari Rp. 1.500 hingga Rp. 10.000 per kilogram. Benar-benar definisi mengubah sampah menjadi uang, kan? Tetapi aplikasi Kepul baru mencakup wilayah Kota Medan saja.

Aplikasi Kepul, Sumber: kepul.id

Aplikasi Kepul, Sumber: kepul.id

Itulah beberapa aplikasi sampah yang bisa Anda gunakan untuk mengelola sampah. Jadi, selain mendapatkan keuntungan berupa imbalan menarik, secara tidak langsung Anda juga turut serta dalam mengurangi tumpukan sampah di TPA dan turut serta dalam membantu melestarikan lingkungan. Semoga informasinya bermanfaat.

Tags: ,

Bagikan ke

Inilah 7 Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Sangat Membantu, Apakah Anda Sudah Tahu?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 7 Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Sangat Membantu, Apakah Anda Sudah Tahu?

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira