Beranda » Blog » Hati-Hati! Beginilah Bahaya Limbah Medis Jika Tidak Dikelola dengan Benar

Hati-Hati! Beginilah Bahaya Limbah Medis Jika Tidak Dikelola dengan Benar

Diposting pada 7 April 2023 oleh Seo anak Soleh / Dilihat: 21 kali / Kategori:

Permasalahan limbah di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari limbah rumah tangga, limbah industri, hingga limbah medis tidak pernah luput dari perhatian. Tetapi dari sekian banyaknya jenis limbah yang dihasilkan, limbah medis merupakan salah satu limbah yang memiliki dampak paling bahaya bagi kesehatan maupun lingkungan. 

Limbah medis sendiri merupakan limbah yang dihasilkan dari aktivitas pelayanan kesehatan. Seperti puskesmas, rumah sakit, hingga laboratorium. Jenis limbah ini umumnya memiliki kandungan zat berbahaya seperti patogen, genotoksik, bahan kimia atau obat beracun, hingga zat radioaktif.

Oleh sebab itu, proses pembuangannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Jika limbah rumah tangga dapat dibuang pada tempat sampah biasa yang tersedia di rumah. Maka limbah medis harus dibuang ke dalam tempat sampah medis yang berbeda. Biasanya, tempat sampah yang digunakan dibedakan berdasarkan warna.

Mengapa demikian? Hal tersebut bertujuan untuk memisahkan dan membedakan limbah medis sesuai kategorinya. Tidak sampai pada proses pembuangannya saja, sebelum dibuang pun limbah ini juga perlu melewati pengelolaan yang tepat. Sehingga dampak negatif yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Limbah medis yang berbahaya, Sumber: envomed.com

Limbah medis yang berbahaya, Sumber: envomed.com

Apa Saja Bahaya Limbah Medis untuk Kesehatan dan Lingkungan?

Kita tentunya tahu bahwa dampak limbah bagi lingkungan memang sangatlah banyak, tak terkecuali limbah medis ini. Apalagi limbah medis tergolong dalam jenis limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Dimana jenis limbah ini memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dan memiliki kemungkinan dapat menularkan berbagai penyakit bagi orang lain. Nah, lalu apa saja bahaya dari limbah medis yang dibuang tanpa dilakukan pengelolaan terlebih dahulu?

1. Menyebabkan Terjadinya Infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis limbah medis biasanya mengandung patogen (mikroorganisme parasit). Jenis dari patogen sendiri bermacam-macam, mulai dari virus, bakteri, hingga jamur tergantung dari jenis limbah medis yang dihasilkan.

Patogen yang ada pada limbah medis dapat menyerang dan menyebabkan berbagai infeksi pada tubuh manusia apabila sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Limbah medis yang dibuang secara asal-asalan seringkali menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan, meningkatkan resiko hepatitis A, B, atau C.

Hingga yang lebih parahnya dapat memicu HIV dan Aids. Dimana penularannya melalui limbah medis yang telah terkontaminasi darah maupun cairan tubuh.

2. Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Karena tergolong dalam jenis limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Maka sudah dapat dipastikan bahwa limbah medis mengandung zat kimia berbahaya. Jika dibuang di sembarang tempat yang mudah terjangkau manusia, maka dapat memicu terjadinya keracunan. Karena bahan kimia dalam limbah medis meningkatkan risiko terganggunya sistem pernapasan dan penyakit kulit. 

3. Zat Genotoksik

Dilansir dari health.kompas.com, menurut riset Finlandia zat genotoksik pada limbah medis dapat memberikan bahaya pada ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, zat ini juga dapat merusak pusat informasi genetik sel yang menyebabkan mutasi genetik pada DNA manusia dimana hal tersebut bisa memicu kanker pada sel somatik

Tidak sampai disitu saja, zat genotoksik pada limbah medis juga mampu mempengaruhi sel germinal (sel yang membentuk sperma dan telur). Sehingga bisa menyebabkan kerusakan dan kecacatan pada keturunan.

Bahaya sampah medis yang dibuang secara sembarangan, Sumber: allmedicalwaste.com.au

Bahaya sampah medis yang dibuang secara sembarangan, Sumber: allmedicalwaste.com.au

4. Zat Radioaktif

Bahaya limbah medis bagi kesehatan lainnya yaitu mampu menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, dan muntah. Dampak tersebut dapat terjadi akibat limbah medis memiliki kandungan zat radioaktif di dalamnya. Di samping itu, zat radioaktif juga bisa menyebabkan terjadinya luka bakar pada kulit atau disebut juga dengan sindrom radiasi akut.

Zat ini juga dapat mengakibatkan efek jangka panjang pada kesehatan. Seperti memicu penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular (gangguan pada jantung dan pembuluh darah). Bahkan yang lebih parahnya, limbah medis yang mengandung zat radioaktif dan dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu dapat menyebabkan kematian. 

5. Menyebabkan Pencemaran Tanah

Selain bahaya bagi kesehatan, limbah medis yang dibuang sembarangan juga berdampak pada lingkungan. Salah satunya dapat menyebabkan pencemaran tanah. Apabila limbah medis dibuang dan berakhir di tanah, maka zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya akan mengendap di dalam tanah.

Jika tanah terkontaminasi dengan zat berbahaya, maka akan berpengaruh juga terhadap kondisi tanah, air tanah, sampai tanaman yang ada di sekitarnya. Ketika tanah tercemar, maka kandungan mineralnya akan berkurang, Ph tanah menjadi sangat tinggi, dan unsur haranya akan hilang.

Bahkan secara tidak langsung dapat memberikan bahaya bagi kesehatan manusia jika tidak sengaja mengkonsumsi air tanah yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia berbahaya dari limbah medis.

6. Terjadinya Pencemaran Air

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Tapi bagaimana jadinya jika air yang sangat penting untuk makhluk hidup tercemar oleh sampah medis? Banyaknya zat kimia berbahaya dalam limbah medis yang dibuang ke sungai akan membuat air sungai menjadi terkontaminasi dan menimbulkan bahaya tersendiri.

Diantaranya dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air, hingga air sungai yang menjadi beracun. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka dapat mengakibatkan kehidupan dalam air menjadi terganggu perkembangannya bahkan menyebabkan kematian pada biota sungai.

Limbah medis menyebabkan terjadinya pencemaran air, Sumber: unsplash.com

Limbah medis menyebabkan terjadinya pencemaran air, Sumber: unsplash.com

Itulah bahaya yang ditimbulkan dari limbah medis jika dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu. Tidak hanya limbah medis, semua jenis limbah pastinya memiliki dampak buruk bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Karena itu, sudah seharusnya kita mengelola limbah dengan bijak dan tepat.

Untuk limbah dalam skala kecil seperti limbah rumah tangga, bisa dengan menyediakan tempat sampah stainless 3 in 1 di rumah. Dengan tempat sampah tersebut, kegiatan membuang dan mengelola sampah menjadi lebih mudah. Bagi Anda yang membutuhkan jenis tempat sampah tersebut, bisa memesannya di Mandiri Baru. Semoga ulasan tadi bermanfaat dan memberikan informasi baru untuk kita!

Tags: , ,

Bagikan ke

Hati-Hati! Beginilah Bahaya Limbah Medis Jika Tidak Dikelola dengan Benar

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Hati-Hati! Beginilah Bahaya Limbah Medis Jika Tidak Dikelola dengan Benar

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira