Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 ,Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Bahaya Sampah Elektronik yang Mengancam Kita

Bahaya Sampah Elektronik yang Mengancam Kita

Diposting pada 10 Mei 2020 oleh Rumah Stainless Fiberglass

tumpukan-sampah-elektronik

Negeri kita ini terkenal akan masyarakatnya yang konsumtif. Entah itu barang apapun pasti akan menjadi barang yang ada di hampir setiap rumah tangga.

Barang elektronik seperti ponsel, gadget, telivis, komputer, laptop dan hal lainnya sudah menajdi sebuah kebutuhan primer.

Dan pernahkah anda membayangkan hal ini, bagaimana nasib barang – barang tersebut apabila tidak terpakai lagi. Mau dibuang kemana? Dan apakah sudah ada tempat pengolahan sampah elektronik di negara kita ini?

Padahal jika tidak dikelola dengan benar, barang elektronik ini mengandung B3 ( Bahan Beracun Berbahaya) dan dampak negatif yang ditimbulkan cukup mengerikan.

Menurut Mochamad Syarasiro yang merupakan pengajar di Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta mengatakan bahwa barang-barang tersebut  memang mengandung zat berbahaya dan membutuhkan pengolahan secara khusus.

Salah satunya plastik jenis PVC yang mengandung klorin yang berbahaya bagi tubuh kita, dan juga sulit sekali terurai dalam tanah. Bahkan bisa memakan waktu ratusan tahun.

Hal lainnya menurut beliau adalah timbal (lead). Komponen ini memang sangat berbahaya karena mengandung tetra ethyl lead digunakan sebagai penaik nilai oktan. Dan bahan ini bisa sangat berbahaya bila sampai berada di tubuh kita.

Ada lagi kadmium yang terkandung di besi, logam dan tembaga. Zat ini juga berbahaya bagi tubuh kita. Karena bisa menyebabkan keracunan, gangguan organ manusia dan juga hewan.

Lalu zat yang berbahaya lagi yakni arsenik yang diperlukan dalam industri elektronik, diantaranya sebagai bahan pembuatan transistor, gelas, semi konduktor, keramik, tekstil, lem hingga bahan peledak.

Arsenik ini sangat berisiko menimbulkan gangguan ke metabolisme di dalam tubuh manusia dan juga hewan, yang bisa mengakibatkan efek keracunan bahkan bisa juga kematian.

Oleh karena itu, tempat pengolahan limbah elektronik harus segera disosialisasikan. Dan permasalahan sampah elektronik ini bukan hanya PR bagi pemerintah tetapi juga masalah dari kita sebagai konsumen dan juga para produsen pembuat barang-barang tersebut. Karena masalah ini begitu berbahaya dan tahu-tahu kita sudah terkena efeknya. Karena  kita menyepelekan hal ini.

Bagikan informasi tentang Bahaya Sampah Elektronik yang Mengancam Kita kepada teman atau kerabat Anda.

Bahaya Sampah Elektronik yang Mengancam Kita | PRODUSEN TONG DAN TEMPAT SAMPAH FIBER STAINLESS HARGA TERBAIK

Belum ada komentar untuk Bahaya Sampah Elektronik yang Mengancam Kita

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan