Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 ,Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air

Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air

Diposting pada 9 Desember 2019 oleh Rumah Stainless Fiberglass

 

Salah satu yang paling berbahaya yang kita lakukan sebagai manusia adalah mencemari air. Yap, kegiatan pencemaran air memang akan mengakibatkan banyak sekali dampak negatif yang akan sangat merugikan. Karena air adalah salah satu unsur dibumi ini yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup.

Maka dari itu, kita harus dan bahkan sangat wajib untuk menjaganya. Dan yang terjadi hari ini adalah, banyak sekali air dan sumber air yang sudah tercemar entah karena limbah industri, entah karena kecerobohan sering buang sampah sembarangan atau juga karena berbagai hal lainnya.

Nah maka dari itu berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau bahkan mencegah pencemaran air.

  1. Jangan sampai buang sampah sembarangan

 

buang sampah sembarang ke air

 

Tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu hal yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya pencemaran air. Karena apabila kita membuang sampah sembarangan misalnya ke sungai. Jelas air sungai akan tercemar. Dan siapapun yang memakai air sungai tersebut bisa terpapapar oleh zat berbahaya yang ditimbukan oleh sampah tersebut. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga bisa terkena dampaknya.

  1. Bijaklah dalam menggunakan air bersih

 

 

 

Jangan sampai kita sering membuang air secara cuma – cuma. Ketika kita mencuci piring menggunakan detergen dan ketika kita menggunaka air dengan secukupnya, maka tentu air buangannya pun tidak terlalu banyak sehingga aliran air nya jika sampai ke sungai juga tidak terlalu banyak.Tindakan ini bisa membantu mengurangi pencemaran air akibat dari detergen buangan bekas kita mencuci piring atau mencuci pakaian.

  1. Jangan dibiasakan memuang bahan kimia, cat, atau obat – obatan ke toilet

 

Selanjutnya adalah jangan sampai kita membuang bahan – bahan berbahaya yang tergolong sampah B3 seperti misalnya cat, obat – obatan, atau bahan kimia lainnya. Karena dengan kita membuang sampah yang tergolong B3 tersebut ke toilet maka yang akan terjadi jelas adalah nantinya mencemari air tanah. Dan ketika air tanah ikut tercemar oleh zat kimia, maka yang terjadi adalah tanah menjadi rusak, tidak subur, airnya juga akan mengandung zat berbahaya. Dan nanti akan berbahaya juga apabila dikonsumsi oleh oleh makhluk hidup.

  1. Kamu tinggal di dekat saluran air ? Atau sumber air ? Tanam lah pohon atau tanaman kecil

 

 

Apabila memang lokasi tempat tinggal mu berdekatan dengan sumber air atau badan air, sebaiknya kamu untuk mencoba menanam pohon. Apa manfaatnya ? Tentu hal ini sangat bermanfaat karena akar pohon mampu menyerap air. Dan ketika hujan datang, zat – zat berbahaya tidak dengan mudah mengalir ke dalam sumber air atau badan air.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan pestisida

Menggunakan pestisida dengan cara yang berlebihan juga sangat tidak baik. Penggunaan bahan – bahan tersebut akan melahirkan zat residu pada tanah yang nantinya bisa terbaawa oleh aliran air. Dan akibat dari penumpukan residu ini, maka akan bisa membuat biota – biota yang ada pada air akan mati.

Selain itu juga dengan banyaknya zat residu, maka akan terjadi yang namanya eutrofikasi dan bisa membuat populasi alga dan juga populasi eceng gondok bisa menyebar di lokasi perairan.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya pencemaran air. Ayo, lindungi lingkungan kita jangan sampai air menjadi tercemar akibat perbuatan kiat sendiri.

Bagikan informasi tentang Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air | PRODUSEN TONG DAN TEMPAT SAMPAH FIBER STAINLESS HARGA TERBAIK

Belum ada komentar untuk Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan