Beranda » Blog » Mari Ketahui Jenis-jenis Tempat Sampah

Mari Ketahui Jenis-jenis Tempat Sampah

Diposting pada 24 Maret 2021 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 35 kali

 

Pada zaman dahulu, kebutuhan manusia tidak sebanyak masa sekarang. Sampah pada zaman dahulu hanya terdiri dari kotoran tubuh, pakaian bekas, dan kayu sisa bahan bangunan yang sudah lapuk sehingga untuk menghilangkannya cukup mudah hanya dengan mengubur ke dalam tanah dan nantinya sampah tersebut akan terurai menjadi pupuk untuk tanah dan tanaman yang ada di sekitar.

Seiring berjalannnya waktu, kebutuhan manusia semakin meningkat dan sampah yang dihasilkan pun bisa mencemari lingkungan. Setiap sampah memiliki masa yang berbeda-beda untuk terurai. Oleh karena itu, hindari membuang sampah sembarangan agar lingkungan kita tetap terjaga.

Bisa dibayangkan kan jika tidak ada tempat sampah? Sampah akan berserakan dan menumpuk dimana-mana. Ketersediaan tempat sampah semakin diperlukan untuk menghindari pembuangan sampah sembarangan. Untuk menimalisir jumlah sampah, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya pengumpulan sampah perlu ditanamkan. Karena resiko yang akan dihadapi sangat banyak seperti terkena serangan penyakit, banjir, hingga pembakaran sampah yang menyebabkan polusi. Oleh karena itu, bukan hanya pemerintah yang perlu menjaga lingkungan, namun kita juga perlu memiliki kesadaran untuk turut serta menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman, dan indah untuk tempat tinggal kita bersama.

Jenis dan Warna Tempat Sampah untuk Daur Ulang

  • Warna Hijau

Warna ini bisa Anda temui di tempat umum, seperti di pinggir jalan ataupun di lingkungan rumah. Tempat sampah berwarna hijau ini menandakan tempat sampah ini untuk sampah organik, seperti pembungkus makanan berbahan daun, dan sampah sayuran yang nantinya akan dipergunakan sebagai pupuk kompos atau bahan organik lainnya.

  • Warna Kuning

Warna kuning berguna untuk menampung sampah non organik seperti botol plastik, gelas plastik yang sulit terurai yang nantinya bisa di daur ulang untuk bahan kerajinan tangan atau untuk daur ulang pabrik untuk menciptakan produk-produk berbahan dasar plastik.

  • Warna Merah

Warna ini berfungsi untuk menampung sampah yang mengandung B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Seperti benda-benda tajam, obat-obatan pembasmi serangga, bekas cairan pembersih, dan sebagainya.

  • Warna Biru

Tempat sampah berwarna biru berguna untuk menampung sampah seperti kertas dan kardus agar mudah saat proses pemilihan ketika hendak di daur ulang. Biasanya sampah jenis ini akan didaur ulang dan digunakan kembali sebagai fungsi yang sama.

  • Warna Abu-Abu

Tempat sampah berwarna abu-abu untuk menampung sampah yang kategorinya tidak ada dari keempat warna tersebut. Warna ini jarang ditemui di sekitar kita, namun ternyata diluar negeri sudah banyak yang mengaplikasikannya. Hal ini bertujuan agar isi sampah dari warna ini selanjutnya dikumpulkan dan diklasifikasikan kembali untuk proses berikutnya.

 

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Mari Ketahui Jenis-jenis Tempat Sampah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mari Ketahui Jenis-jenis Tempat Sampah

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
seoyandira