Beranda » Blog » 5 Cara Mudah dan Kreatif untuk Meminimalisir Sampah di Rumah

5 Cara Mudah dan Kreatif untuk Meminimalisir Sampah di Rumah

Diposting pada 24 Oktober 2022 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 132 kali

Ketika membahas mengenai permasalahan sampah, mungkin memang tidak akan ada habisnya ya. Namun bukan berarti tidak ada cara yang mudah untuk meminimalisir sampah di lingkungan rumah. Meskipun sampah merupakan sisa yang dihasilkan oleh manusia setiap harinya, tetapi kita bisa meminimalisirnya. 

Seperti yang telah kita semua ketahui, bahwa sampah masih menjadi salah satu masalah besar apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Bahkan di luar kota besar pun juga sama saja, masih banyak yang mengkhawatirkan masalah sampah ini. Salah satu penghasil sampah yang cukup besar berasal dari rumah tangga.

Dikutip pada laman dataindonesia.id dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, terdapat setidaknya 21,88 juta ton sampah di Indonesia di tahun 2021. Angka tersebut sudah turun sekitar 33,33% dari tahun sebelumnya, yakni sebesar 32,82 juta ton. 

Jika melihat gambar di bawah ini, terlihat bahwa rumah tangga menyumbang sampah paling banyak di Indonesia yakni sebesar 42,23%. Kemudian disusul dari perniagaan yang menyumbangkan sampah dengan persentase mencapai 19,11%.

Data terkait sampah pada tahun 2021, Sumber: dataindonesia.id

Data terkait sampah pada tahun 2021, Sumber: dataindonesia.id

Cara Meminimalisir Sampah

Supaya permasalahan sampah ini bisa teratasi dan tidak terus bertambah setiap tahunnya, maka setiap orang perlu mengendalikannya. Ada berbagai cara atau upaya mudah yang bisa berguna untuk meminimalisir sampah, terutama di lingkungan rumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir sampah.

1. Memisahkan Sampah

Langkah pertama yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir sampah adalah dengan memisahkan sampah terlebih dahulu. Pisahkanlah antara sampah organik dan anorganik. Anda bisa memakai tempat sampah stainless 3 in 1 agar lebih mudah untuk memisah-misahkan sampah di rumah.

Semua penghuni rumah perlu melakukan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Anda bisa memberikan arahan terlebih dahulu agar memudahkan penghuni yang lain untuk mengikutinya. Dengan memisahkan sampah ini, Anda bisa lebih mudah untuk mengelolanya.

Misalnya saja seperti mengolah sampah organik yang berasal dari rumah dan dijadikan sebagai pupuk kompos. Selain dijadikan sebagai pupuk kompos berbagai macam sampah organik juga bisa dijadikan sesuatu hal yang bermanfaat lainnya.

Meminimalisir sampah dengan memisahkan sampah sesuai jenisnya, Sumber: hipwee.com

Meminimalisir sampah dengan memisahkan sampah sesuai jenisnya, Sumber: hipwee.com

2. Menggunakan Tas Kain

Cara mudah meminimalisir sampah selanjutnya adalah dengan menggunakan tas kain saat berbelanja. Umumnya orang berbelanja dengan kantong plastik, namun untuk mengurangi penggunaan plastik, Anda bisa beralih ke tas kain. Jika kantong plastik (kresek) hanya bisa digunakan 1 kali, maka tas kain bisa terus digunakan.

Bahkan jika Anda merawatnya dengan baik, tas kain bisa bertahan seumur hidup. Ketika menggunakan tas kain untuk berbelanja, Anda tidak membutuhkan kantong plastik lagi untuk membawa barang belanjaan. Hal tersebut sama saja dengan membantu mengurangi produksi sampah rumah tangga berupa plastik bukan?

Penggunaan tas kain untuk belanja, Sumber: bali.bisnis.com

Penggunaan tas kain untuk belanja, Sumber: bali.bisnis.com

3. Menyerahkan Sampah Pada Bank Sampah

Apabila Anda tidak bisa mengolah sampah organik maupun anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa digunakan kembali, maka Anda bisa menyerahkannya ke bank sampah. Sampah-sampah yang Anda serahkan tersebut kemudian akan diolah oleh pihak bank sampah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.

Karena jika tidak diolah dengan benar, maka Anda akan dibayang-bayangi oleh bahaya sampah. Sampah-sampah yang tidak diolah dengan benar nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan lingkungan maupun makhluk hidup. Mungkin efeknya tidak akan terlihat sekarang, namun di masa mendatang akan menimbulkan masalah serius.

Menyerahkan sampah kepada bank sampah, Sumber: gorontalo.wahananews.co

Menyerahkan sampah kepada bank sampah, Sumber: gorontalo.wahananews.co

4. Hindari Menggunakan Peralatan Makan Sekali Pakai

Penggunaan peralatan makan sekali pakai hanya akan membuat semakin banyak sampah yang Anda produksi. Jadi untuk mengurangi produksi sampah tersebut, Anda bisa menghindari menggunakan peralatan makan sekali pakai. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli peralatan makan set yang banyak dijual di online shop.

Biasanya di dalam 1 set tersebut sudah mencakup sendok, garpu, hingga sumpit. Selain itu hindari pula penggunaan sedotan plastik. Anda bisa beralih ke sedotan stainless agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi sedotan stainless tersebut dapat dengan mudah dibersihkan.

Untuk sedotan stainless tersebut, biasanya sudah disediakan berbagai jenis varian. Mulai dari bentuk yang bervariasi hingga ukurannya yang beragam. Mulai dari ukuran standar sampai berukuran besar yang biasa digunakan untuk meminum boba. 

Hindari menggunakan peralatan makan sekali pakai, Sumber: nihaoindo.com

Hindari menggunakan peralatan makan sekali pakai, Sumber: nihaoindo.com

5. Mendaur Ulang Sampah Plastik

Sampah plastik yang dihasilkan oleh rumah tangga bisa didaur ulang menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat. Anda bisa melakukan metode reduce, reuse, dan recycle pada jenis sampah anorganik ini. 

Maksud dari metode tersebut adalah menggunakan kembali sampah yang masih memiliki nilai guna untuk fungsi yang sama, mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai, dan mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang masih memiliki nilai guna bahkan nilai jual.

Misalnya saja seperti sampah kaleng atau botol plastik. Anda bisa memanfaatkan kedua sampah tersebut sebagai pot tanaman. Hiasi sedikit tampilan luarnya agar terlihat menarik. Anda bisa berkreasi sesuka hati sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki.

Jadi meskipun terbuat dari sampah, botol plastik maupun kaleng bisa bermanfaat untuk hal lainnya. Berbagai tanaman yang Anda letakkan di sampah bekas tersebut bisa terus tumbuh dan subur jika dirawat dengan tepat.

Mendaur ulang sampah plastik, Sumber: jateng.antaranews.com

Mendaur ulang sampah plastik, Sumber: jateng.antaranews.com

Itulah tadi berbagai hal yang bisa digunakan untuk meminimalisir sampah yang ada di rumah. Dengan mengurangi sampah dari rumah sendiri, tentunya akan sangat berdampak pada jumlah sampah yang akan dibuang ke tempat pembuangan akhir. 

Bahkan Anda pun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika menyerahkan sampah-sampah yang ada di rumah ke bank sampah. Anda pun juga bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk yang bermanfaat. Sangat membantu bukan? Mari lakukan yang terbaik untuk mengurangi sampah di masa sekarang dan yang akan datang.

Tags: ,

Bagikan ke

5 Cara Mudah dan Kreatif untuk Meminimalisir Sampah di Rumah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Mudah dan Kreatif untuk Meminimalisir Sampah di Rumah

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira