Beranda » Blog » Sampah Penyebab Lingkungan Kumuh dan Tidak Sehat

Sampah Penyebab Lingkungan Kumuh dan Tidak Sehat

Diposting pada 9 April 2021 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 46 kali

 

Sampah merupakan benda tak terpakai yang memiliki sifat padat dan juga cair. Namun masih banyak dari kita yang beranggapan bahwa sampah merupakan barang sepele kemudian membuangnya sesuka hati dimana saja kita berada. Dan tidak jarang juga kita melihat orang lain membuang sampah sembarangan ketika sedang berjalan di pinggir jalan, sehingga terlihat banyak tumpukan sampah yang tidak enak dipandang. Dari beberapa hal tadi, dapat dikatakan bahwa masyarakat belum menyadari bahwa sampah yang dibuang sembarangan memiliki dampak yang cukup besar terhadap kesehatan dan dapat menimbulkan kekumuhan.

Semakin bayaknya aktivitas manusia, semakin besar juga jumlah sampah yang dihasilkan. Hal ini berkaitan baik dari segi sosial, ekonomi, maupun budaya. Kesehatan masyarakat merupakan masalah sosial yang akan selalu berkaitan dengan komponen-komponen yang ada pada masyarakat.

Jika tidak dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada kesehatan masyarakat, lingkungan pun akan menjadi kumuh, dan dapat menarik lalat-lalat yang bisa membawa penyakit. Penyakit yang mungkin saja bisa timbul adalah diare, kolera, dan tipus.

Selain itu, cairan rembesan dari sampah bisa masuk ke dalam drainase atau sungai dan dapat mencemari air. Berbagai organisme dan ikan dapat mati. Dan lebih parahnya lagi, beberapa spesies air dapat lenyap dan mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Jika sampah dibuang ke dalam air, maka akan menghasilkan asam organik dan gas cair organik seperti metana. Air juga akan menjadi berbau dan jika dalam konsentrasi tinggi gas (metana) ini akan meledak dan dapat membahayakan masyarakat.

Terkadang juga kita melihat ada banyak sampah yang memenuhi parit di sekitar rumah sehigga dapat menyebabkan banjir. Jika sudah masuk ke musim penghujan, masyarakat akan menjadi was-was karena bisa saja banjir menerjang tempat tinggal mereka. Parit-parit tidak bisa mengalir secara maksimal karena ada banyak tumpukan sampah di dalamnya. Hal ini menyebabkan air hujan terbendung dan menggenangi rumah-rumah.

Maka dari itu, mari biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain bisa mengurangi jumlah sampah, kita juga bisa mencegah datangnya bencana yang dapat merugikan banyak orang.

 

 

Bagikan ke

Sampah Penyebab Lingkungan Kumuh dan Tidak Sehat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Sampah Penyebab Lingkungan Kumuh dan Tidak Sehat

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira