Beranda » Blog » Ternyata ini dia jenis sampah yang paling banyak dimuka bumi

Ternyata ini dia jenis sampah yang paling banyak dimuka bumi

Diposting pada 16 September 2019 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 141 kali

 

Pernah terbayangkan tidak, kira – kira sampah apa yang paling banyak di muka bumi ini ? Dari jutaan tong sampah yang diproduksi tiap tahun nya oleh tiap – tiap negara, ternyata memang ada beberapa jenis sampah yang jumlahnya sangat banyak.

Dan perlu kamu ketahui juga bahwa produksi sampah didunia itu sangat meningkat drastis. Pada tahun 1950, dunia ini memproduksi sampah sekitar 2 juta ton pertahun. Dan kini pertahunnya dunia memproduksi sampah 381 juta ton pertahun.

Dan menurut Asosiasi Industri Plastik Indonesia, sebanyak 64 juta ton sampah Indonesia terbuang ke lautan. Wah kira – kira jadi bagaimana ya lingkungan kita jika adanya sampai berjuta – juta ton seperti itu ?

  1. Puntung Rokok

 

Jenis sampah yang paling banyak didunia ini ternyata adalah punting rokok. Sebagai contoh saja, dinegara maju seperti Amerika yang mana sudah memiliki sistem pengelolaan sampah yang sangat bagus saja telah ditemukan punting rokok sebanyak 60 juta punting rook yang tersebar di pantai Washington DC. Segitu hanyalah disebagian daerah saja.
Berkaca pada Negara kita yang sudah jelas kita adalah bangsa perokok. Kita hitung saja ada berapa jenis rokok yang dijual di Negara kita ? Jelas sangat banyak.

Menurut data yang ada, sebanyak 6 trililun rokok diproduksi tiap tahunnya. Dan sebanyak 90% pada filternya itu mengandung plastik. Dan taukah kamu bahwa filter yang ada pada rokok itu terbuat dari bahan selulosa asetat yang butuh 1 dekade lebih untuk bisa sampai terurai.

  1. Kemasan makanan dan minuman

 

Yang kedua sebagai jenis sampah terbanyak kedua didunia adalah sampah kemasan makanan dan minuman. Yang dalam setahun hamper 146 juta ton lebih. Hal ini tentu memang sudah seharusnya paling banyak, karena tidak mungkin kita membeli makanan atau minumam tanpa adanya kemasan.

  1. Kantong kresek

Nah ini juga adalah jenis sampah yang paling banyak, yaitu kantong kresek. Makanya kini penggunaan plastic kantong kresek sudah dilarang di beberapa daerah khususnya di Jabodetabek. Hal ini juga memang didukung oleh masyarakat yang memang ingin mengurangi penggunaan plastic. Dan kini telah dibuatkan peraturan legasinya.

Karena kita tau sendiri, bahwa sampah plastic adalah sampah yang paling banyak dan juga paling lama bisa terurai secara alami oleh alam. Makanya, hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa membahayakan lingkungan di masa yang akan dating.

  1. Sedotan plastic

 

Jelas ini juga adalah salah satu yang paling banyak. Apalagi kini banyak sekali tempat – tempat kuliner bertebaran dimana – mana. Dan pasti sedotan plastik digunakan untuk minuman yang ada di restoran tersebut. Dan hal ini juga sudah disampaikan oleh World Bank. Bahwa sampah plastik adalah yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Dan perlu kamu ketahui juga bahwa sedotan butuh waktu 500 tahuh agar bisa terurai secara alami.

  1. Styrofoam

Sampah ini adalah jenis sampah yang sangat – sangat lama untuk bisa terurai. Bisa dibilang sampah ini adalah sampah yang paling mudah ditemukan setelah sampah plastic. Sama halnya dengan plastik, Styrofoam ini butuh waktu sampai ratusan tahun lebih untuk bisa terurai secara alami. Bahkan bisa lebih.

Makanya, jangan sampai Styrofoam ini terbuang begitu saja kelingkungan. Atau pastikan penggunaan Styrofoam itu berkurang demi kebaikan lingkungan kita.

 

Tags: , ,

Bagikan ke

Ternyata ini dia jenis sampah yang paling banyak dimuka bumi

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Ternyata ini dia jenis sampah yang paling banyak dimuka bumi

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira