Beranda » Blog » Sadari 7 Manfaat Daur Ulang Sampah Ini agar Lingkungan Lebih Bersih

Sadari 7 Manfaat Daur Ulang Sampah Ini agar Lingkungan Lebih Bersih

Diposting pada 6 Januari 2023 oleh Rumah Stainless Fiberglass / Dilihat: 117 kali / Kategori:

Sampai saat ini, sampah masih menjadi persoalan yang tidak ada ujungnya. Semakin banyak kebutuhan manusia, maka semakin tinggi pula sampah yang diproduksi. Sebagai upaya untuk mengurangi banyaknya sampah, kita bisa lakukan dengan cara mendaur ulangnya. Karena kegiatan daur ulang sampah lebih memiliki banyak manfaat dibandingkan hanya dibuang begitu saja.

Apa Itu Daur Ulang?

Daur ulang merupakan upaya yang dilakukan untuk mengelola bahan atau barang bekas menjadi bahan baru yang lebih berguna dan bernilai. Daur ulang sendiri adalah salah satu strategi pengelolaan sampah yang terdiri dari kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, dan pembuatan produk.

Meskipun bukan menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah sampah yang kian bertambah, namun apabila kegiatan mendaur ulang sampah gencar dilakukan dapat membantu mengurangi limbah yang mencemari lingkungan. Misalnya seperti sampah plastik, kertas, kardus, dan kaca bisa disulap menjadi kerajinan tangan menarik.

Sampah organik dari sisa aktivitas manusia bisa dijadikan sebagai pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman, dan lain-lain. Agar lebih mudah dalam memilah dan mendaur ulang sampah, maka bisa memanfaatkan tempat sampah stainless 3 in 1.

Karena dengan tempat sampah tersebut, memungkinkan Anda untuk membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Sehingga kegiatan daur ulang sampah akan lebih mudah.

Apa Manfaat Daur Ulang Sampah?

Selain bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, kegiatan daur ulang sampah memiliki segudang manfaat bagi keberlangsungan makhluk hidup. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari daur ulang sampah, yakni sebagai berikut:

1. Pengurangan Limbah TPA

Tanpa kita sadari, banyaknya sampah yang kita produksi dan kita buang ternyata dapat membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi cepat penuh. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa jumlah sampah yang berada di TPA bisa sewaktu-waktu membludak jika sudah melebihi daya tampungnya.

Sehingga dampaknya akan mengotori kawasan di sekitarnya seperti jalanan, sungai, dan lain-lain. Dengan mendaur ulang sampah, dapat memberikan manfaat untuk membantu mengurangi jumlah limbah sampah yang dibuang di TPA. Sehingga proses pengelolaan sampah di TPA pun juga akan berlangsung lebih mudah dan ruang di TPA tidak akan cepat habis.

2. Mendukung Upaya Konservasi Sumber Daya Alam

Manfaat lain dari daur ulang sampah adalah untuk mendukung upaya konservasi sumber daya alam secara maksimal. Salah satu contoh konkretnya yaitu pohon-pohon di hutan tidak akan ditebang untuk menghasilkan kertas baru. Karena kertas lama dapat didaur ulang dan dijadikan sebagai kertas baru yang siap pakai.

Upaya tersebut dapat mengurangi jumlah kayu yang ditebang untuk bahan baku kertas. Ketika penebangan pohon di hutan tidak dilakukan secara berlebihan, maka habitat hidup satwa dan ketersediaan air di dalam tanah tetap terjaga.

Informasi terkait berbagai manfaat daur ulang sampah, Sumber: suara.com

Informasi terkait berbagai manfaat daur ulang sampah, Sumber: suara.com

3. Mengurangi Intensitas Pembakaran Sampah (Insinerasi)

Sampai saat ini, membakar sampah merupakan salah satu kegiatan yang masih sering dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah. Karena membakar sampah dianggap sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan dan memusnahkan sampah yang ada.

Padahal tanpa kita sadari, membakar sampah justru dapat menimbulkan masalah baru, baik untuk lingkungan maupun untuk kesehatan manusia. Nah, dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai, kita dapat membuat intensitas pembakaran sampah (insinerasi) menjadi lebih berkurang. Sehingga kebersihan lingkungan dan kesehatan manusia lebih terjamin.

4. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Tahukan Anda bahwa tumpukan sampah organik ternyata dapat membuat gas rumah kaca di atmosfer menjadi bertambah? Ya, ketika kita membuang sisa makanan dan sampah organik lainnya ke tempat sampah, sampah tersebut akan menumpuk dan terkubur di tempat pembuangan akhir.

Saat sampah di bagian paling bawah mengalami pembusukan dan menghasilkan karbondioksida, maka akan membentuk gas metana. Gas metana dapat menyebabkan efek rumah kaca, sehingga suhu bumi akan mengalami peningkatan.

Oleh sebab itu, menerapkan kegiatan daur ulang sampah organik secara konsisten, dapat bermanfaat untuk mengurangi gas metana yang secara tidak langsung juga mengurangi emisi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim.

5. Memaksimalkan Upaya Hemat Energi

Jika dibandingkan dengan pembuatan produk dari awal, mendaur ulang sampah lebih membutuhkan energi yang lebih sedikit. Karena membuat produk baru proses produksinya dari bahan mentah, sedangkan daur ulang bisa dibilang proses produksinya menggunakan bahan setengah jadi. Jadi hal tersebut tentunya akan lebih hemat dari segi biaya.

6. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat

Selain memiliki segudang manfaat bagi lingkungan, daur ulang sampah juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Mengapa demikian? Karena sampah-sampah yang didaur ulang dan dikelola dengan baik dapat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

Bahkan dengan kreativitas tinggi, sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tinggi pula. Sehingga masyarakat akan mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan tersebut.

Kegiatan daur ulang sampah dapat membantu mengurangi limbah di TPA, Sumber: cleanipedia.com

Kegiatan daur ulang sampah dapat membantu mengurangi limbah di TPA, Sumber: cleanipedia.com

7. Menjaga Lingkungan Agar Tetap Bersih

Kita semua tentunya tahu bahwa terdapat beberapa jenis sampah yang membutuhkan waktu lama agar bisa terurai, seperti sampah plastik. Jika hanya dibiarkan atau dibuang tanpa pengolahan, tentu sampah-sampah tersebut akan semakin banyak dan mencemari lingkungan. 

Maka dari itu, selain dengan meminimalisir sampah, menjaga lingkungan agar tetap bersih juga bisa dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah tersebut. Jika berbagai jenis sampah didaur ulang dengan baik, maka tumpukan sampah akan berkurang dan bahkan hilang.

Hal tersebut tentunya dapat membuat lingkungan menjadi bersih, rapi, dan sehat. Jika lingkungan sehat dan bersih, maka kesehatan masyarakat pun akan lebih terjaga, karena penyebaran penyakit dapat diminimalisir.

Itulah beberapa manfaat daur ulang sampah plastik dan jenis sampah lainnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi pengingat bagi kita untuk dapat mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tags: ,

Bagikan ke

Sadari 7 Manfaat Daur Ulang Sampah Ini agar Lingkungan Lebih Bersih

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Sadari 7 Manfaat Daur Ulang Sampah Ini agar Lingkungan Lebih Bersih

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

seoyandira