Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 ,Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Melakukan Penghijauan di Lahan Sempit

Tips Melakukan Penghijauan di Lahan Sempit

Diposting pada 17 Maret 2021 oleh Rumah Stainless Fiberglass

 

Upaya untuk melakukan penghijauan sudah banyak dilakukan. Seperti menanam pohon di pesisir pantai, di pinggir-pinggir jalan hingga menanam pohon ataupun tanaman di halaman rumah. Menanam pohon di halaman rumah adalah usaha kecil yang bisa dilakukan untuk melakukan penghijauan. Hal itu dapat membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih sejuk dan membuat tampilan halaman rumah menjadi lebih cantik.

Melakukan penghijauan di rumah sangat mudah untuk dilakukan. Namun tidak semua orang memiliki lahan yang cukup luas untuk melakukannya. Di daerah perkotaan yang padat dengan gedung-gedung dan bangunan lain menyebabkan lahan disekitar menjadi lebih sempit atau bahkan tidak tersisa lahan untuk dijadikan halaman. Lalu, apa solusi yang bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki lahan sempit untuk dapat melakukan penghijauan. Mari simak tips berikut ini.

  1. Vertikultur

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa penghijauan hanya bisa dilakukan pada lahan yang datar saja. Padahal penghijauan bisa dilakukan dengan cara vertikal atau sering disebut dengan vertikultur. Cara ini cocok diterapkan di lahan sempit karana dapat memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal. Pilihlah tanaman yang cocok untuk teknik ini. Anda bisa memilih tanaman yang umurnya tidak panjang seperti sayuran contohnya sawi, terong, cabai, kangkung, dan lainnya. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pupuk kompos, dan sekam. Untuk wadahnya bisa menggunakan wadah selain pot seperti pipa, terpal bekas, ataupun botol bekas.

  1. Tabulampot

Sudah tahu belum apa itu tabulampot? Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot. Pada umumnya tanaman buah memiliki ukuran yang besar. Namun jika menggunakan teknik tabulampot, tinggi dan kedalaman akar pada tanaman dapat diatasi, sehingga jika Anda memiliki lahan yang sempit, Anda tetap bisa menanam tanaman buah. Selain itu, tabulampot juga bisa dipindah-pindah dengan mudah. Tanaman yang menggunakan teknik tabulampot memiliki manfaat yang samaa dengan tanaman yang lainnya yaitu sebagai tempat produksi oksigen, penyaring udara dari polusi, menurunkan suhu udara, dan sebagai sumber pangan. Namun tidak semua tanaman bisa tumbuh subur dengan metode tabulampot. Tanaman yang dapat berbuah dengan media ini adalah jeruk, sawo, mangga, jambu biji dan jambu air.

  1. Memanfaatkan Rooftop

Jika Anda memiliki rumah dua lantai aau bahkan lebih, Anda bisa memanfaatkan rooftop untuk penghijauan dengan sebutan roof garden. Roof garden dapat meredam panas matahari yang masuk ke dalam rumah sehingga suasana menjadi lebih sejuk. Kita bisa menanam tanaman kecil di roof garden seperti sayur dan tanaman hias dengan metode hidroponik, aeroponik, dan tabulampot.

 

Bagikan informasi tentang Tips Melakukan Penghijauan di Lahan Sempit kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Melakukan Penghijauan di Lahan Sempit | PRODUSEN TONG DAN TEMPAT SAMPAH FIBER STAINLESS HARGA TERBAIK

Belum ada komentar untuk Tips Melakukan Penghijauan di Lahan Sempit

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan