Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 ,Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Yuk Mulai Mengurangi Sampah Elektronik

Yuk Mulai Mengurangi Sampah Elektronik

Diposting pada 3 Maret 2021 oleh Rumah Stainless Fiberglass

 

Sampah elektronik adalah permasalahan di berbagai negara yang masih belum bisa diatasi. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setiap tahun ada 20-50 juta metrik ton limbah elektronik yang dibuang di seluruh dunia. Jenis sampah elektroniknya pun beragam, mulai dari televisi, komputer, printer, scanner, mesin fax, keyboard, hingga telepon seluler. Dari sekian banyak sampah elektronik, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah elektronik?

  1. Berpikir kembali jika mempunyai keinginan membeli gadget baru

Mungkin sebagian dari kita pernah merasa bosan dengan gadget yang kita miliki sekarang. Dan saat muncul gadget dengan versi terbaru dan kualitas yang lebih tinggi, keinginan untuk membeli gadget baru pun muncul. Tetapi, sebelum membeli gadget baru, cobalah untuk memikirkannya kembali. Apakah kita memang benar-benar membutuhkan? Jika memang iya, cobalah untuk mencari perangkat yang mendukung banyak fungsi sekaligus. Karena, jika limbah elektronik tidka didaur ulang dengan cara yang benar, maka air, tanah, dan udara dapat terkontaminasi.

  1. Perpanjang usia perangkat elektronik

Rata-rata orang akan mengganti ponselnya setiap dua tahun sekali. Padahal, rata-rata ponesel mampu bertahan hingga 4,7 tahun. Namun pada umumnya, ponsel seperti ini memiliki kondisi dengan baterai yang cepart habis, kinerja melambat, layar retak, dan aksesorisnya menghilang.

Nah daripada membeli ponsel baru dan nantinya dapat menambah sampah elektronik, kamu bisa memperpanjang usia ponselmu dengan berbagai cara. Seperti menambahkan casing smartphone yang berbahan kuat, tetap menjaga kebersihan perangkat agar tidak berbedu atau kemasukan air, danmenghindari pengisian daya berlebihan.

  1. Menggunakan perangkat elektronik yang ramah lingkungan

Banyak dari kita yang tidak mengetahui kalau ternyata ada perangkat elektronik yang ramah lingkungan. Untuk mengetahuinya, carilah perangkat elektronik berlabel Energy Star atau disertifikasi oleh Elctronic Product Environmental Assesment Tool (EPEAT).

Perangkat elektronik yang ramah lingkungan memiliki kriteria mencakup seluruh siklus. Tidak hanya desai produk, produksi, konsumsi energi dan daur ulang saja, namun juga mencakup tanggung jawab perusahaan dan aspek sosial.

  1. Perhatikan bahan apa yang digunakan untuk membuat perangkat elektronik tersebut

Sebelum membeli perangkat elektronik, kita harus mengetahui terlebih dahulu komponen apa saja yang terkandung dalam perangkat elektronik. Karena, di dalam perangkat elektronik terdapat bahan beracun berbahaya seperti kromium, timbal, cadmium, dan lainnya. Bahan tersebut sangat berbahaya jika dihirup atau tercampur ke air, tanah, dan makanan.

MANDIRI BARU SIAP MENJADI PARTNER UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN

Ayo jaga lingkungan mu dan pastikan lingkungan kita tidak tercemar oleh yang namanya kerusakan lingkungan. CV Mandiri Baru selalu siap untuk menjadi partner untuk pengadaan tempat sampah sesuai dengan kebutuhan.

Yuk segera hubungi nomor kontak kami sekarang juga 🙂

KLIK DIBAWA INI UNTUK MENGHUBUNGI ADMIN 

 

jual tong sampah stainless,

 

Bagikan informasi tentang Yuk Mulai Mengurangi Sampah Elektronik kepada teman atau kerabat Anda.

Yuk Mulai Mengurangi Sampah Elektronik | PRODUSEN TONG DAN TEMPAT SAMPAH FIBER STAINLESS HARGA TERBAIK

Belum ada komentar untuk Yuk Mulai Mengurangi Sampah Elektronik

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan